Selasa, 14 Juni 2011

Kemampuan X-Ray Dibawa ke Dalam Ukuran yang Lebih Compact




Alat X-ray sebenarnya bukan teknologi baru atau sekadar imajinasi orang yang dituangkan ke dalam karakter buku komik. Alat X-ray dapat kita temukan di airport yang digunakan untuk memeriksa isi bawaan penumpang pesawat dan di rumah sakit sebagai alat bantu mendeteksi berbagai penyakit. Saat ini, perangkat tersebut memiliki ukuran yang sangat besar. Bagaimana kalau teknologi ini dibuat dalam bentuk yang compact dan portabel, seperti kacamata X-ray yang keberadaannya didambakan oleh banyak orang?
Di bawah pimpinan Prof. Reza Zoughi, para peneliti dari Missouri University of Science and Technology berhasil mengembangkan alat yang dapat membawa teknologi X-ray ke dalam bentuk yang lebih kecil. Alat ini dapat menunjukkan secara real-time struktur di dalam objek dengan menggunakan radiasi microwave. Untuk saat ini, barang yang ingin diperiksa harus diletakkan di antara alat yang mengeluarkan radiasi microwave dan alat yang menerima radiasi tersebut. Apabila dilihat dari foto, alat ini memang tidak terlihat sederhana, tetapi para peneliti sedang berusaha membuatnya ke dalam bentuk dan ukuran seperti kamera video biasa. Mereka juga mengatakan bahwa nantinya alat ini dapat menghasilkan gambar 3D atau hologram.
Teknologi yang masih dalam tahap pengembangan ini rencananya akan digunakan sebagai alat pendeteksi kerusakan lapisan isolator pada pesawat, penyakit dan kondisi kulit manusia, kerusakan struktur gedung akibat rayap, dan menemukan senjata tersembunyi sebagai bagian keamanan di airport.

0 komentar:

Posting Komentar