Senin, 13 Juni 2011

Recuva: Kembalikan Data Anda yang Hilang



Mungkin dalam aktivitas komputasi sehari-hari kita pernah menghapus file secara tidak sengaja. Kasus lain, mungkin ada file yang lupa di-backup sehingga ikut hilang pada saat di-format. Hal-hal semacam ini dapat membuat kesal. Masalah yang sering terjadi adalah kehilangan data secara tidak sengaja atau terformat, padahal masih ada file-file yang dibutuhkan. Hal ini tentu mengkhawatirkan, terutama bila data-data yang hilang merupakan data-data yang sangat krusial.
Kekhawatiran Anda memang sangat beralasan, namun jangan khawatir. Data yang hilang masih memiliki kemungkinan untuk dikembalikan. Dengan pertolongan sebuah software data recovery, data yang telah hilang masih mungkin untuk kembali. Salah satu software yang dapat dipergunakan untuk mengembalikan data-data yang hilang adalah Recuva. Software buatan Piriform, Inc ini memiliki feature yang cukup berlimpah.

Feature, Support, dan Penggunaan

Apa yang membuat software ini menarik? Berikut feature yang ditawarkan oleh Recuva:
  • Menawarkan proses Undelete file pada komputer Anda
  • Mengembalikan data dari kerusakan atau proses format yang tidak disengaja
  • Melakukan recovery email yang telah dihapus
  • Melakukan recovery file musik yang telah dihapus dari iPod
  • Melakukan restore document word yang tidak tersimpan
  • Quick Start Wizard
  • Deep Scan
  • Menghapus secara aman file yang ingin dihapus selamanya
Penggunaan software ini cukup mudah, Anda cukup mengikuti petunjuk pada wizard yang muncul saat Recuva dijalankan. Anda pun dapat meng-klik tombol scan setelah Anda menentukan file jenis apa yang Anda ingin cari kemudian tekan tombol recover. Software ini juga menyediakan menu Advance bila Anda tidak ingin mempergunakan wizard yang telah tersedia.




Software ini terdiri dari berbagai bahasa dunia. Namun, sayangnya bahasa Indonesia belum tercantum pada software ini. Support yang tersedia dalam bentuk online, Anda cukup mengunjungi website resminya di www.piriform.com untuk menemukan bantuan teknis. Selain feature yang ditawarkan software ini tersedia secara gratis.
Kesimpulan : Anda tidak perlu khawatir terhadap bencana data yang hilang atau pun terformat. Dengan Recuva, kemungkinan data Anda kembali menjadi lebih besar. Freeware ini memang powerful untuk mengembalikan file yang hilang ataupun yang terformat. Utilities ini tergolong toolkit yang Anda harus miliki pada PC Anda.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar